tebing-keraton

Menyambut Pagi di Tebing Keraton Dago Bandung

Berwisata di kota Bandung sangat tepat jika kita memulai pagi di kawasan tebing Keraton (Karaton dalam bahasa sunda) yang berada di kawasan taman hutan raya (Tahura) di wilayah Dago atas Bandung. Pemandangan sunrise yang mengintip di balik pepohonan hutan dan bukit memberikan sensasi pagi yang sangat romantis. Gelungan “rolling” (garis-garis sinar matahari) yang tercipta diantara kabut tipis pada hasil jepretan kamera adalah tujuan utama penggemar fotografi yang sengaja menempuh perjalanan yang sulit sejak subuh menuju tebing Keraton. Sulitnya perjalanan menuju tempat wisata baru di Bandung ini tidak dihiraukan demi kepuasan memandang alam yang cantik di Dago.

Cara Menuju Lokasi

Petunjuk menuju lokasi tebing Keraton ini menjadi sangat sulit jika anda menggunakan mobil. Kondisi jalan yang hanya direkomendasikan bagi pengguna sepeda motor ini, belum mengalami perbaikan. Banyak lubang dan aspal yang terkelupas saat anda melalui tempat parkir Tahura Juanda. Beberapa ratus meter setelah pintu Tahura, anda akan menemukan petunjuk menuju bukit Dago Pakar utara. Ikuti arah tersebut dan akan menemukan banyak tanda yang menggiring ke area Tebing Keraton. Sejak pagi, sudah ada puluhan sepeda motor yang terparkir di atas tebing tertinggi di Bandung ini. Memang, urusan biaya parkir belum diatur resmi oleh pemerintah setempat, dan hal ini swadaya yang dilakukan warga yang membangun lokasi penitipan sepeda motor secara sederhana.

Kegiatan Wisatawan di Tebing Keraton

Selayaknya wisata alam di Bandung yang lainnya, di tebing spektakuler di Dago ini, pengunjung pasti berfoto dengan latar belakang hutan pinus dan perbukitan dengan berbagai gaya. Pose yang paling populer adalah berdiri di atas batu yang berada di tepi jurang. Saat yang tepat memang pagi hari karena langsung berhadapan dengan matahari dan seolah kita menyambut kehadirannya. Jika anda datang di sore hari, maka anda akan “mati gaya” karena sunset tidak dapat dinikmati karena tertutup pepohonan dan gunung di wilayah Dago atas ini. Wisata ke Tebing Keraton adalah kegiatan aktivitas pagi hari untuk menikmati panorama alam yang indah di kota Bandung.

Di sini belum tersedia hotel atau penginapan lainnya. Karena lokasinya di dalam hutan, maka tempat menginap yang direkomendasikan bagi wisatawan adalah hotel di kawasan Dago Bandung. Tempat ini juga bukan sebagai lokasi rekreasi untuk anak kecil. Pengaman Tebing Keraton yang cukup sederhana tidak disarankan untuk dikunjungi anak-anak. Dan memang, kebanyakan pengunjung yang datang adalah anak muda maupun orang dewasa yang berjiwa muda karena harus melakukan kegiatan petualangan yang cukup melelahkan terutama menghadapi perjalanan yang sulit menuju tebing Keraton ini. Tidak butuh ekstra tenaga, tetapi perlu sikap dewasa dan tidak emosional saat menjalani rute yang sulit.

Saran dan Tips Khusus

Menyambut mentari pagi di tebing Keraton yang berada di kawasan Dago Pakar bandung ini sangatlah tepat jika anda membaca saran dan tips kami berikut ini:
  1. Tarif masuk ke tebing indah ini dibanderol dengan harga Rp. 11.000 / orang, dan belum termasuk biaya karcis mobil maupun motor.
  2. Pastikan tidak membawa anak kecil apalagi Balita demi keamanan. Tempat ini memang indah dengan pemandangan alam pegunungan yang memukau. Mirip dengan Tawangmangu. tetapi bedanya dengan tempat wisata di Solo tersebut adalah, obyek ini masih sangat baru dan belum dibangun sarana pendukung yang memadai terutama untuk keselamatan.
  3. Disarankan menggunakan kendaraan sepeda motor. Walaupun mobil bisa merapat ke dekat tebing Keraton, tetapi kondisi medan yang kurang bagus, anda harus berpikir seribu kali untuk melintasi wilayah Dago paling atas ini. Di Bandung banyak juga yang menyediakan persewaan motor atau anda juga bisa menggunakan sepeda. Tapi bersepeda ke tempat ini sangat melelahkan.
  4. Datanglah di pagi hari. Tidak perlu terlalu subuh untuk berangkat ke obyek menarik ini karena penerangan jalan yang kurang memadai. Pastikan saja anda tiba di lokasi sekitar jam 7 hingga jam 9 pagi. Pemandangan sunrise indah yang tercipta bukan di garis cakrawala. Melainkan keindahannya terlihat saat sinar matahari menembus kabut pagi dan berada di antara pepohonan di seberang tebing Keraton.
  5. Jika anda berada di lokasi, sebaiknya jangan becanda yang membahayakan. Ingatlah bahwa anda berada di atas tebing yang bawahnya merupakan jurang yang cukup berbahaya.
  6. Jika tujuan anda adalah mencari obyek foto yang menarik, saran terbaik adalah dilakukan saat hari kerja (weekdays). Karena tebing populer di Bandung ini dikunjungi banyak orang saat akhir pekan atau hari libur. Ramainya pengunjung akan mengurangi keindahan hasil foto anda (istilahnya, “kebocoran tinggi”).

Demikianlah informasi tentang tebing Keraton yang sebenarnya berada di balik kawasan Lembang Bandung. Keindahan tempat ini mampu mengangkat pamor wilayah Dago Pakar yang selama ini lebih dahulu dikenal dengan keberadaan cafe-cafe romantis di malam hari.

Sumber


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bandung Mania

Leave a Comment