BPPT

Pemkot Bandung Masih Temukan Surat Izin Palsu

Pemerintah Kota Bandung berupaya meningkatkan profesionalisme ‎para pegawainya dalam mengurus perizinan yang berkaitan erat dengan investor dan upaya menumbuhkan nilai investasi di Kota Bandung.

Upaya ini sebenarnya sudah dilakukan melalui kesepakatan Pakta Integritas yang dilakukan dinas yang terkait erat dengan ini yaitu Bada Penanaman Modal sejak Februari 2017.

Namun faktanya, masih saja ditemukan surat izin palsu beredar yang dilakukan pihak ketiga yang dipercaya investor untuk mengurus perizinan investasi mereka di Kota Bandung.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung, Evi Saleha mengatakan bahwa pihaknya masih saja menerima laporan miring terkait perizinan di wilayah Kota Bandung.

Bahkan pihaknya sudah menemukan sejumlah surat izin palsu yang dibuat pihak ‎ketiga untuk para investor.

“Mungkin mereka (pihak ketiga, Red) panik karena uang nya (untuk mengurus izin) sudah masuk‎, tapi mereka belum daftar (ke Dinas DPMPTSP), sementara investor terus mendesak mempertanyakan,” kata Evi dalam Public Hearing yang digelar di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann, Selasa (28/11/2017).

‎Surat izin yang palsu itu, kata Evi, sangat kentara terlihat karena surat masih menggunakan nomenklatur yang lama yaitu BPPT, padahal sekarang sudah berganti menjadi DPMPTSP.

Sedangkan, tandatangan yang ada di surat izin itu adalah tandatangan dirinya.

“‎kelihatan sekasar itu (surat izin palsunya),” ujarnya.

Evi meminta partisipasi pelaku usaha utk meningkatkan investasi di Kota Bandung.

Ia pun mengimbau‎ kepada investor dan calon investor agar membuat surat izin langsung tanpa perantara.

Saat ini Kota Bandung sudah menyediakan permohonan izin secara online yang bisa diakses dimana dan kapan saja.

Dalam diskusi yang dimoderatori oleh presenter kocak Eddi Brokoli dan dihadiri oleh perwakilan Balitbang, dan pengamat serta praktisi hukum, Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa juga memberi masukan terkait investasi Kota Bandung.

Masalah transportasi Kota Bandung saat ini turut menjadi sorotan Kadin.

Lalu masasalah koordinasi antara pengusaha, pemerintah daerah dengan dewan juga dianggap belum maksimal.

Sumber


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bandung Mania

Leave a Comment