bully keraf

Mario Gomez Disebut Suka Talenta Muda, Billy Keraf: Dia Pasti Objektif

Ada atau tidaknya regulasi pemain U-23 dalam kompetisi Liga 1 musim depan tak menjadi soal bagi Fulgensius Billy Paji Keraf.

Baginya, kerja keras dalam tiap latihan tetap harus maksimal untuk menembus skuat inti Maung Bandung.

Billy Keraf adalah satu dari tujuh delapan muda Persib Bandung, yang khusus direkrut untuk memenuhi regulasi pemain U-23 pada awal Liga 1.

Ia berbeda dengan enam pemain muda lain Maung Bandung yakni Febri Haryadi, Henhen Hediana, Gian Zola, Agung Mulyadi, Muhammad Basith, Angga Febrianto, dan Puja Abdillah.

Tujuh pemain itu adalah hasil binaan Diklat Persib sedangkan Billy Keraf justru direkrut pelatih Djadjang Nurdjaman dari Akdemi Sepakbola Intinusa Olah Prima (ASIOP) Apacinti.

Dari tujuh pemain jebolan Diklat Persib, sejatinya hanya Henhen Herdiana, Gian Zola, dan Febri Haryadi yang sejauh ini berada pada level kompetitif untuk tampil membela skuat senior.

Dua pemain muda potensial Gian Zola dan, terutama, Febri Haryadi sering absen lantaran dipanggil tim nasional Indonesia U-22.

Sementara itu, para pemain muda yang lain masih belum kunjung menunjukkan kesiapan untuk tampil di kompetisi level tertinggi.

Kurangnya sumplai pemain muda siap pakai dari tim Diklat Persib pun menjadi alasan, perekrutan pemuda berdarah Flores, Nusa Tenggara Timur, sebagai energi tambahan Persib untuk menyokong penyerangan.

Billy Keraf datang ke Persib Bandung berbekal kemampuan individu istimewa khas Indonesia Timur, yakni kecepatan yang dilengkapi kepercayaan diri tinggi.

Bahkan, pada debutnya di Stadion Pakansari Bogor, ketika Persib Bandung ditahan imbang PS TNI pada laga pekan kedua Liga 1 musim 2017, Billy Keraf tampil memukau dengan sumbangan satu assist.

Selama Liga 1 bergulir, tercatat Billy Keraf tampil sebanyak 23 pertandingan bersama Maung Bandung, dengan lebih sering turun sebagai pengganti.

Praktis, menit bermain Billy Keraf pun lebih rendah ketimbang para pemain lain yang jadi pilihan utama dalam starting line up Persib Bandung.

Meskipun demikian, Billy Keraf tetap mampu tampil memukau. Torehan lima gol Billy Keraf pun menjadi bukti bahwa dia tak patah semangat meskti turun dari bangku cadangan.

Setiap menit bermain yang ia dapat, dibayarnya dengan penampilan maksimal di lapangan.

Dengan kemampuan dan mental bertandingnya di atas lapangan, Billy Keraf mengaku tak terpengaruh dengan dihapusnya regulasi pemain muda untuk kompetisi Liga 1 musim depan.

“Kalau tidak ada regulasi lagi ya bagaimana, kita harus main maksimal saja, mau ada regulasi mau tidak kita harus bersaing di tim utama,” ujarnya saat ditemui di Universitas Padjajaran, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Senin (3/12/2017).

Roberto Carlos Mario Gomez, pelatih anyar Maung Bandung, dikabarkan lebih menyukai talenta muda.

Namun, Billy Keraf mengaku hal itu tak lantas menjadi patokan ia akan langsung terpakai di tim utama.

“Ya, harus optimistis. Intinya kasih yang terbaik saja, pelatihnya juga orang luar, biasanya dia pasti objektif dalam menentukan pemain. Pokoknya kasih yang terbaik saja,” katanya.

Sumber

 


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bandung Mania

Leave a Comment