wakil-wali-kota-bandung-oded-m-danial

Demi Ketersediaan Pangan di Bandung, Oded Minta PD Pasar Jangan Hanya Urusi Jongko

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial minta Dinas Pangan Pertanian Kota Bandung dan PD Pasar agar menjalin kerja sama dengan daerah produsen beras untuk menjaga ketersediaan pangan.

“Lahan sawah Kota Bandung sangat terbatas tak akan cukup memenuhi kebutuhan pangan warga Kota Bandung,” ujar Oded seusai membuka sidang tahunan ketahanan pangan di Golden Flower Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis (7/12/2017).

Menurut Oded, kerjasama tidak hanya sebatas beras tapi bisa dengan produsen telor dan daging sehingga harga bisa dikendalikan dan lebih murah.

Oded mengatakan, untuk menjaga pangan agar tetap stabil kuncinya kerjasama dan koordinasi serta melibatkan semua lapisan masyarakat.

“PD Pasar jangan hanya mengurus jongko tapi harus ada terobosan untuk mensejahterakan masyarakat diantataranya kerjasama dengan produsen pangan lintas daerah agar bisa memotong harga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Elly Wasliah, mengatakan sawah di Kota Bandung tersisa 725 ha sedangkan yang murni sawah abadi milik Pemkot hanya 32 hektare.

“Sawah 725 hektar hanya mampu berkontribusi 5% dari kebutuhan beras warga Kota Bandung sedangkan 95% nya masih tergantung dari luar Kota Bandung,” ujar Elly.

Menurut Elly, setiap harinya Kota Bandung butuh 600 ton beras makanya untuk memenuhi kebutuhan beras di Kota Bandung sudah bekerjasama dengan wilayah Bandung Raya, diantaranya Kabupaten Bandung Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

Kota Bandunh sedang mempersiapkan kerjasama dengan Indramayu untuk kebutuhan beras.

Untuk menjaga ketahanan pangan terus sosialisasi progam pengurangan konsumsi beras setiap hari Senin.

Kata Elly, di negara maju kebutuhan beras itu hanya 50 per kapita sedang di Indonesia masih 94 per kapita.

Elly mengatakan, penyumbang pertama inflasi di.Indonesia termasuk Kota Bandung adalah beras.

Untuk menjaga ketahanan pangan , Kota Bandung memiliki Dewan Ketahanan Pangan beranggotakan dari berbagai kalangan.

“Dewan Ketahanan Pangan setiap tahun menggelar sidang untuk evaluasi dan mencari rumusan yang akan dikerjakan setahun ke depan,” ujar Elly.

Sumber


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bandung Mania

Leave a Comment