bandung-agri-market

Lewat Urban Farming, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Harapkan Bandung Bisa Jadi Produsen Sayur

Ribuan orang yang mendatangi stand pameran Bandung Argri Market (BAM) merasa senang, bukan tanpa sebab, hal tersebut dikarenakan, selain mendapat ilmu tentang cara berkebun di lahan sempit , mereka juga diberi pohon dan bibit ikan gratis di Jalan Sukarno, Minggu (10/12/2017).

BAM digelar Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung untuk keempat kalinya di tahun 2017 telah membagikan 3.000 pohon produktif, seperti pohon mangga, jeruk, jambu, lengkeng, rambutan dan belimbing.

Kepala Dispangtan Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, pembagian pohon untuk memberikan edukasi kepada warga agar mencintai pohon dan memperbaiki lingkungan.

“Pembangian pohon tidak hanya di arena BAM tapi selama empat tahun terakhir ada program urban farming di  setiap RW,” ujar Elly.

Menurut Elly, Urban farming di Kota Bandung sudah ada di 950 RW dan sebagian besar berhasil membudidayakan sayuran, cabe, bawang daun, dan buah-buahan.

“Berkat urban farming warga bisa menikmati sayuran memetik di halaman rumahnya, bahkan beberapa RW bisa menjual hasil panennya ke supermarket,” ujar Elly.

Elly mengatakan, target tahun depan semua RW di Kota Bandung 1.558 Rw memiliki kampung berkebun, sehingga kata dia, Kota Bandung tidak lagi ketergantungan sayuran ke daerah lain, tapi menjadi produsen sayuran.

Para pengunjung BAM berharap pembagian pohon digelar tiap kelurahan sehingga ada pemerataan pembagian.

“Saya warga Kota Bandung tapi jauh di Rancanumpang, mau bawa pohon ribet, “ujar Awaludin.

Menurut Awaludin, hasil pengamatan yang mendapat pohon gratis hanya warga sekitar Bandung pusat, sedangkan warga Bandung timur jarang mendapat pohon.

Sumber


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bandung Mania

Leave a Comment